Toyota Yaris Akan Gunakan Mesin Turbo – Promo Toyota Salemba

Toyota Yaris hatchback, salah satu produk kebanggaan Toyota, gosipnya bakal mendapat mesin dan transmisi baru. Begitulah kabar terakhir dari Jepang. Bahkan, mesinnya anyarnya itu bakal menggendong peranti turbo. Klop sudah, Yaris kian pas dan memenuhi ekspektasi kawula muda.

Melansir pewartaan situs lokal Jepang, Kurumagt.com, Toyota dikabarkan tengah menyiapkan mobil baru dengan target anak muda. Model baru yang rencananya rilis pada 2020 itu besar diprediksi adalah Yaris. Berbeda dengan Yaris GR yang sudah rilis, Yaris baru nanti merupakan model 5-pintu dan tidak memakai embel-embel varian GR. Malah, proyek S-FR yang hilang, kabarnya dicurigai menjadi pondasi pengembangan Yaris baru itu.

Meski belum dikonfirmasi, mesin baru 3-silinder 1.6 liter turbo mungkin menjadi dapur produksinya. Karakter mesinnya bermain di putaran rendah dan output tinggi serta mengedepankan efisiensi bahan bakar, diklaim cocok dengan jiwa anak muda. Sebagai distributor tenaga adalah transmisi manual 6-speed yang sesuai dengan karakter sport. Kecenderungan anak muda mengoprek mobil juga jadi pertimbangan jantung mekanis. Nantinya output maksimum bisa lebih ditingkatkan melalui modifikasi.

Yaris 2017

Yang menarik, Yaris baru dengan karakter sport itu akan memakai sistem gerak empat roda AWD. Berbeda dengan kebanyakan mobil sejenis yang mengirimkan daya ke roda depan, dengaj AWD diklaim akan menarik lebih banyak minat generasi muda. Ya, di Jepang sana nampaknya masih banyak yang kurang suka dengan mobil penggerak roda depan, khususnya yang berkarakter sport.

Jika rumor itu benar, Yaris baru itu akan bersaing dengan produk yang sudah ada sekarang termasuk Honda Civic hatchback 1.5L i-VTEC turbo bertransmisi manual 6-speed dan Suzuki dengan Swift Sport baru 1.4L turbo juga dengan transmisi manual 6-speed. Keduanya menggunakan penggerak roda depan, tak seperti produk Toyota nanti yang berpenggerak empat roda.

Bayangkan hatchback lansiran Toyota dengan mesin 1.6 liter turbocharged, transmisi manual 6-speed dan penggerak empat roda AWD. Terdengar menjanjikan dan berpotensi menjadi idola anak muda Jepang. Bagaimana dengan pasar negara lain? Untuk pasar Indonesia, selama harganya bersaing, bukan tak mungkin Yaris turbo bisa laris. Apalagi saat ini Toyota belum punya lini menengah bermesin turbo yang dijual di Indonesia. Tak sedikit juga kawula muda Indonesia yang gemar dengan hatchback dan memodifikasinya. Jadi pasarnya sudah ada, tinggal menunggu mobilnya disediakan oleh Toyota.

SUMBER : oto.com

One Reply to “Toyota Yaris Akan Gunakan Mesin Turbo – Promo Toyota Salemba”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *